facebook.comtwitter.comgoogleplus.cominstagram.com

Rubrik: Opini : 20 Januari 2018
Pentingnya Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Selama Pilkada

Persatuan dan kesatuan artinya satu, utuh, dan tidak terpecah belah. Hasil perkumpulan yang telah menjadi satu disebut kesatuan. Dengan demikian, dapat dimaknai persatuan dan kesatuan adalah bersatunya berbagai macam corak ragam menjadi satu kedaulatan yang utuh.

Sebagai Negara yang memiliki beranekaragam suku, bangsa, budaya, ras, dan agama, memang sudah sepatutnya Indonesia bersatu agar tidak terpecah belah. Bersatu dalam kebinneka tunggal ika. Arti dari binneka tunggal ika itu sendiri adalah berbeda-beda tetapi tetap satu.

Antar suku, bangsa, agama, harus saling menghormati dan menjaga. Yang mayoritas menghormati minoritas. Yang minoritas menghormati mayoritas. bukan saatnya kita saling menjatuhkan. Bangsa Indonesia dapat merdeka dan mengusir penjajah karena para pahlawan kemerdekaan dulunya bersatu. Jika kita terpecah belah, orang asing bisa datang, dengan mudah masuk kedalam negeri ini dan menghancurkan semuanya, mengambil hasil alam, menindas penduduk pribumi.

“entah bagaimana tercapainya ‘persatuan’ itu, entail bagaimanarupanya ‘persatuan’ itu, akan tetapi kapal yang membawa kita ke Indonesia MERDEKA itu ialah … ‘kapal persatuan’ adanya”
Potongan kalimat soekarno tersebut mengatakan bahwa persatuan adalah kapal yang telah membawa kita Indonesia sebagai Negara yang merdeka. Indonesia harus tetap bersatu, jangan mudah di adu domba oleh orang asing, karena mereka (orang asing) sangat menginginkan alam kita yang kaya. Penyebab yang membentuk persatuan bangsa Indonesia yang sangat menonjol adalah sebagai berikut.

Persamaan nasib

Bangsa Indonesia pernah di jajah oleh bangsa belanda dalam waktu yang cukup lama. Sehingga membentuk sebuah cita-cita yang hebat pada seluruh penduduknya untuk merdeka dari penjajah.  Kesamaan cita-cita untuk terlepas dari jajahan kemudian membentuk sebuah persatuan bagi seluruh penduduk nusantara untuk melawan penjajah. Penduduk Indonesia bersatu, bersama-sama melawan penjajah tanpa memandang suku, ras, agama, dan apapun itu.

“Seperti sapu lidi, tidak menjadi bermakna ketika sendiri. Ketika kau mengumpulkan seikat sapu lidi, kau bisa menggunakannya untuk menyapu”

Sumpah pemuda

Kebulatan tekad mewujudkan persatuan bangsa Indonesia, kemudian tercermin dalam ikrar sumpah pemuda.  Sumpah pemuda dipelopori oleh pemuda perintis kemerdekaan pada  tanggal 28 oktober 1928. Sumpah tersebut berbunyi : Pertama, Kami putra dan putrid Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia. Kedua, Kami putra puteri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia. Ketiga, Kami putra dan putrid Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Proklamasi kemerdekaan

Soekarno mewakili seluruh bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 agustus 1945. Proklamasi kemerdekaan merupakan puncak dari perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah ketika itu.

Walaupun demikian, puncak bukanlah akhir dari perjuangan. Selama masih hidup, perjuangan itu tetap ada. Dia tumbuh didalam diri setiap manusia, dan meminta tanggung jawab. Sebagai generasi Indonesia, kita harus tetap bersatu meneruskan tekad pahlawan terdahulu untuk membawa Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia begitu penting. Sebagai alat yang membawa kepada cita-cita proklamasi kemerdekaan, yakni masyarakat yang adil dan makmur. Setiap Negara yang ingin hidup sejahtera, persatuan adalah kunci. Kebersamaan akan dapat menyelesaikan masalah sebesar apapun. Termasuk masalah kemiskinan.

Namun seperti yang belakangan ini sering terdengar dari masa-masa pilkada dimana banyaknya tersebar berita berita hoax yang sangat mengganggu masyarakat dan juga persatuan dan kesatuan di antara masyarakat juga menjadi terganggu.  Banyak dari kalangan masyarakat yang memang melakukan atau menyebarkan hoax dengan cara yang tidak sengaja atau pun karena ke tidak pahaman mereka terhadap bahwa nya ada berita hoax tersebut.

Sebagai masyarakat yang bijak, kita harus bisa menyesuaikan dan mempelajari suatu berita yang berbau hoax atau yang memiliki tujuan untuk merusak persatuan dan kesatuan negara republik Indonesia. Pada masa – masa kampanye di saat Pilkada saat ini tidak semuanya selalu berisikan kampanye yang bermaksud positif, ada juga yang memiliki maksud negatif.

Namun di balik hal itu semua kita harus menyadari bahwa pilkada dilakukan untuk membawa Indonesia ke tahap yang lebih baik lagi, dan itu telah menjadi menajdi tanggung jawab kita bersama. Sebagaimana memilih pasangan calon berdasarkan norma-norma dan hati nurani kita telah menjadi hak kita sebagai warga negara, maka dari itu menjaga persatuan dan kesatuan negara ini selama masa pilkada dan juga setelahnya adalah telah menjadi tanggung jawab kita juga. Menjaga persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia tidak hanya membawa dampak positif bagi negara kita dan masyarakat setempat, tetapi juga memiliki manfaat yang sangat besar untuk kita sendiri. Adapun beberapa manfaat menjaga persatuan dan kesatuan bagi diri kita pribadi.

Hidup menjadi damai

Dengan menjaga persatuan dan kesatuan, akan membawa hidup anda menjagi damai. Karena tidak ada keributan. Dengan begitu, anda dapat nyaman beribadah tanpa ada gangguan, nyaman ketika bekerja tanpa ada musuh.

Menjadi lebih bewarna

Persatuan dan kesatuan di dalam kehidupan akan membuat hidup menjadi lebih bewarna. Itu semua disebabkan oleh adanya perbedaan antar sesama. Saling menghargai satu sama lain, kemudian membentuk kekeluargaan yang harmonis.

Menjaga hubungan kekerabatan

Dengan anda menjaga persatuan, berarti anda juga menjaga persahabatan anda dengan teman anda.  Bersikap saling menghargai dan tolong menolong adalah sikap menjaga persatuan. Didalam pertemanan, akan membuat hubungan pertemanan atau persahabatan anda tetap baik selamanya.

Disayangi banyak orang

Ketika anda menghargai sesama anda juga akan dihargai. Disaat anda menghargai orang lain berarti anda juga telah menghormatinya dan orang tersebut juga akan menghormati anda. Secara tidak langsung, anda telah menjaga kesatuan negeri ini dengan menghargai dan menghormati sesasama.  Secara tidak langsung juga, anda akan disayangi banyak orang.

Membentuk pribadi lebih baik

Dengan menjaga persatuan dan kesatuan dapat membentuk pribadi anda lebih baik lagi dengan memahami arti dari persatuan dan kesatuan itu sendiri.  
Itu adalah dampak positif ketika anda menjaga persatuan. Lalu bagaimana cara kita membentuk persatuan di masyarakat?

Manusia adalah makhluk yang tidak dapat hidup sendiri. Manusia memerlukan orang lain untuk hidup berdampingan. Itulah sebab mengapa adam meminta diciptakan hawa sebagai pasangan hidup. Karena adam tidak bisa hidup sendiri. Setiap yang tidak bisa menjaga persatuan, pasti akan runtuh sebuah hubungan. Seperti pasangan suami istri, ketika mereka tidak bersatu lagi, maka hubungan mereka hancur dan berakibat kepada perceraian.

Bagitupun kehidupan kita di masyarakat. Kita memerlukan persatuan, agar tidak terjadi kehancuran. Seperti kata pepatah mengatakan bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

Salah satu cara membentuk persatuan di masyarakat adalah dengan gotong royong. Dengan melaksanakan gotong royong kita dapat menjaga persatuan, karena didalam gotong royong kita saling tolong menolong dalam mencapai satu tujuan. Gotong royong telah dilakukan sejak dahulu oleh nenek moyang kita untuk menjaga persatuan didalam kehidupan bermasyarakat. ***

*) Adi Ginanjar, Penulis adalah Kontributor Lembaga Studi Informasi Strategis Indonesia (LSISI)

Editor: Ril : Penulis: Adi Ginanjar