facebook.comtwitter.comgoogleplus.cominstagram.com

Rubrik: Politik : 26 September 2018
Popularitas Sandiaga Uno Diatas KH Ma'ruf Amin

JAKARTA - Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan, calon wakil presiden (cawapres) Sandiaga Uno lebih dikenal oleh publik dibanding Ma'ruf Amin. Tingkat keterkenalan Sandiaga di mata publik mencapai 73 persen, sementara Ma'ruf hanya dikenal publik sekitar 70 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, tingkat keterkenalan Sandiaga sedikit lebih tinggi dari kiai Ma'ruf. Meski begitu, Sandiaga dan Ma'ruf sama-sama memiliki tingkat kesukaan publik di angka 76 persen.

Namun, publik yang menyatakan tidak suka lebih besar kepada Sandiaga, yaitu 11 persen. Sementara tingkat ketidaksukaan publik terhadap Ma'ruf berada di angka 8 persen.

"Jadi kiai Ma'ruf harus lebih sering turun," kata dia di Kantor Indikator Politik Indonesia, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (26/9) seperti dilansir republika.

Ia melanjutkan, berdasarkan citra personal cawapres, Sandiaga juga lebih diunggulkan dalam beberapa aspek, di antaranya perhatian pada rakyat 66 persen, tegas dan berwibawa 65 persen, mampu mengatasi permasalahan bangsa 56 persen, serta mampu memimpin bangsa 57 persen. Sandiaga hanya kalah di aspek jujur, tegas, dan bersih dari korupsi di angka 57 persen, serta religius sebesar 63 persen.

Sementara itu, Ma'ruf mendapatkan kepercayaan publik di aspek aspek jujur, tegas, dan bersih sebesar 64 persen, juga religius 82 persen. Sedangkan, di aspek perhatian pada rakyat 54 persen, tegas dan berwibawa 51 persen, mampu mengatasi permasalahan bangsa 45 persen, serta mampu memimpin bangsa 48 persen.

"Kiai Ma'ruf di mata pemilih, personal quality-nya kalah dengan Sandi. Ini harus menjadi catatan," kata dia.

Survei dilakukan mewakili seluruh provinsi di Indonesia dengan multistage random sampling. Survei melibatkan 1.220 orang dengan tatap muka. Survei ini memiliki margin of error 2,9 persen.

Editor: Bayu Adji P : Penulis: Andri Saubani