facebook.comtwitter.comgoogleplus.cominstagram.com
Septina saat diambil sumpah oleh Kepala Pengadilan Agama Provinsi Riau dalam rapat paripurna istimewa DPRD Provinsi Riau, yang berlangsung Senin (24/10/16) di gedung rakyat, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru. [Foto: Ist]

Rubrik: Advertorial : Senin, 24 Oktober 2016
Dilantik Jadi Ketua DPRD Riau
Septina Primawati Wanita Pertama Pimpin Legislatif

Pekanbaru – Setelah sempat kosong selama beberapa bulan, akhirnya DPRD Provinsi Riau memiliki ketua yang baru yakni Septina Primawati Rusli. Dia dilantik oleh Kepala Pengadilan Agama Provinsi Riau sebagai Ketua DPRD Riau untuk masa bakti 2014-2019 pada hari Senin (24/10/16) di gedung rakyat, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Septina Primawatir Rusli yang merupakan istri mantan Gubernur Riau dua periode, Rusli Zainal ini merupakan Wanita pertama di Riau yang memimpin lembaga legislatif di Bumi Lancang Kuning.

Pelantikan Septina sendiri diawali dengan rapat paripurna istimewa yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Riau  H. Noviwaldy Jusman, didampingi dua pucuk pimpinan lainnya, yakni Manahara Manurung dan Sunaryo, pukul 10.00 WIB.

Tak hanya para anggota dewan, acara pelantikan ini juga dihadiri mantan Menteri Dalam Negeri H. Syarwan Hamid, mantan Menteri Pemberdayaan  Perempuan RI Hj. Meutia Hatta dan Hj. Linda Amalia Sari Gumelar, Ketua Dewan Penasehat BK3S RI Sri Sudarsono, Ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid, Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi  Rachman, anggota DPR/DPD RI Dapil Riau, para bupati/walikota serta pimpinan DPRD kabupaten/kota se Provinsi Riau.

Salah satu sumpah yang diucapkan Septina yakni, janjinya untuk memenuhi kewajiban nya sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pidato perdananya sebagai Ketua DPRD Riau, diawali politisi Golkar dengan ucapan terima kasih atas amanah yang diberikan Golkar terhadapnya. Dia menganggap, jabatan barunya ini sebagai amanah yang maha berat. Sehingga, tak mungkin akan dia jalankan sendiri tanpa dukungan sejawatnya di DPRD. Dia juga berharap dukungan dan dorongan semua pihak untuk membantunya dalam mengemban jabatan tersebut.

" Semoga kerja saya kedepan mendapat ridho dan dukungan semua pihak, terlebih lagi seluruh rakyat di Riau. Doakan saya untuk selalu amanah dalam menjalankan tugas ini," ungkap Septina.

Septina berharap, dukungan serupa juga diberikan Pemerintah Provinsi Riau yang menjadi mitra kerja,  yang akan selalu berhubungan secara langsung maupun tidak langsung. Apalagi, kedepan masih sangat panjang, masih banyak yang perlu  diperbaiki dan dibangun untuk semata-mata menuju kesejahteraan masyarakat.

"Legislatif dan eksekutif harus terus bersinergi. Jangan ada yang membuat kita berjarak dan pengkotak-kotakan yang membuat hubungan menjadi sempit," ucap Septina.
 
Diakhir pidato, Septina juga mengaku bangga dapat memimpin lembaga dewan terhormat, sebagai anak Melayu yang ingin membangun negeri sendiri, meski dirinya sebagai seorang perempuan tetap dapat tegak sejajar di perpolitikan daerah ini.

"Hari ini dari Bumi Melayu, kita telah mampu membuat RA Kartini tersenyum. Saatnya Riau juga sejajar dengan negeri lainnya di bangsa ini," tuturnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman yang terlihat ikut memberikan ucapan selamat kepada Septina Primawati juga berharap, kerjasama yang sudah terbangun antara legislatif dengan eksekutif semakin menjadi lebih baik.
 
"Kita berharap kerja sama yang selama ini sudah terbangun dengan baik antara lembaga eksekutif dan legislatif dapat diteruskan dan ditingkatkan dalam rangka pembangunan provinsi Riau," kata gubernur.

Gubernur sendiri percaya, dibawah kepemimpinan Septina, DPRD Riau akan berjalan lebih baik. "Dari pidato tadi juga sudah disampaikan mengenai komitmen beliau untuk meningkatkan komunikasi antar lembaga eksekutif dan legislatif daerah Riau demi peningkatan mutu kualitas pembangunan daerah kita sendiri," ucap Gubernur.

Sementara itu, politisi Demokrat yang menjabat sebagai Wakil ketua DPRD Provinsi Riau, Noviwaldy Jusman mengaku bangga atas dilantiknya pimpinan DPRD Riau yang baru itu. Djuga ia berharap,  dengan terpilihnya Ketua DPRD Riau yang baru, DPRD Riau akan lebih mampu mengakomodir kepentingan rakyat.
 
"Kita berharap semoga amanah ini dapat dijalankan beliau dengan sebaik mungkin. Kepada seluruh masyarakat, mari bersama-sama mendukung kepemimpinan Ibu Septina ini kedepannya," sebutnya.

Harapan yang sama juga disampaikan Laskar Melayu Riau (LMR) Kota Pekanbaru. Ketua LMR Pekanbaru ini berharap, kekosongan Ketua DPRD Riau yang sempat membuat program-program legislatif terkendala, akan menjadi lebih baik.

“Karena bila kita meniliki kebelakang,  selama hampir dua tahun ini kalau kita perhatikan pembangunan di Riau banyak yang tidak jalan. Banyak yang tersendat-sendat bahkan ada beberapa pembangunan yang malah mandeg," Kata Fathullah.

Tak hanya itu, dia juga mengharapkan Ketua DPRD Provinsi Riau ini juga merangkul semua elemen masyarakat Riau. Sehingga program pemerintah untuk mempercepat pembangunan bisa terlaksana dengan baik.  

Sekedar diketahui, pelantikan Ketua DPRD Riau yang dimulai sejak pukul 10.00 Wib ini, dihadiri tak kurang dari 1.000 undangan. Bahkan diantaranya terpaksa harus berada di luar ruangan. [*]

Editor: Putrajaya : Penulis: Reds